3 Tips Kembangkan Bakat Menulis Jadi Peluang Bisnis


bakat menulis

Menjadi penulis rupanya tidak serumit yang anda bayangkan, namun juga tidak semudah itu juga. Berawal dari niat yang kuat, menjadi penulis akan dapat mudah anda raih tanpa ada yang harus anda pertimbangkan ulang.

Peluang sukses menjadi penulis juga terbuka lebar. Tak sedikit yang memiliki banya uang hanya bermodalkan dengan duduk manis di depan laptop saja. Produktif tanpa harus memeras keringat dan banting tulang memang dambaan banyak orang. Untuk itu bagi pemuda yang mampu meluangkan usia produktif untuk menulis sebaiknya memanfaatkan masa mudanya mulai dari sekarang. Bagi pemula, sebaiknya mulai menulis dengan beberapa tips berikut ini.

3 Tips Kembangkan Bakat Menulis Jadi Peluang Bisnis

Ikuti Mode ATM

Suatu mode yang memang tidak asing lagi bagi penulis pemula, yaitu ATM atau singkatan dari Amati, Tiru, Modifikasi. Kegiatan ini bukan berarti kegiatan plagiarism sebuah tulisan atau konten semata, melainkan meniru susunan tulisan.

Mode ATM sangat direkomendasikan bagi penulis yang baru mulai. Tentunya inspirasi akan lebih mudah anda dapatkan ketika melihat karyai atau tulisan orang lain. Sehingga dari karya tersebut anda dapat dengan mudah mengembangkan ide sesuai dengan kemampuan dan kreatifitas anda.

Gunakan Bahasa Sendiri

Awal menulis sebaiknya anda tidak terlalu formal dalam menggunakan bahasa. Sebaiknya gunakan bahasa sehari-hari guna mempermudah anda dalam mengembangkan setiap ide dalam paragraf.

Dalam sebuah kesempatan, cobalah sesekali untuk menulis hal yang sedikit lebih formal. Misalnya menulis biografi seseorang atau menulis karya ilmiah sederhana. Sehingga menjadi bekal bagi anda untuk lebih profesional dalam menulis.

Satu Hari Satu Tulisan

Tidak mudah memang bagi seorang penulis pemula menghasilkan sebuah karya meski hanya sebatas artikel. Anda dapat memulainya dari artikel yang berjumlah 300 kata. Meski hanya sedikit, setidaknya ini mampu mengasah anda untuk terbiasa menulis.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan niat yang kuat agar anda juga memiliki pendirian yang kukuh. Mengingat menulis merupakan hal yang tidak semua orang sukai, apalagi harus mengasah otot, otak, dan juga waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.